a. Konsep Dasar New
Media
New media adalah teknologi pada zaman sekarang yang
membuat terobosan baru menanggapi zaman sebelumnya. Berasal dari 2 kata yaitu
New dan Media yang arti dalam bahasa Indonesianya adalah Media/Perantara yang
baru. Maksudnya adalah perantara dalam bentuk apapun, misalnya perantara
informasi, komunikasi, akutansi ekonomi dan lain sebagainya.
Selain itu,
definisi New Media dijelaskan dalam pengantar Reader New Media oleh Lev
Manovich menggunakan proporsi-proporsi berikut:
Cyberculture
adalah berbagai fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan jaringan
komunikasi (blog, online multi-player game), sedangkan New Media adalah lebih
peduli dengan benda-benda budaya dan paradigma.
· New
Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai Platform Distribusi
New Media
adalah obyek budaya yang menggunakan teknologi komputer digital untuk
distribusi dan pameran. Istilah "media baru" tidak akan
"baru" lagi, karena kebanyakan bentuk budaya akan didistribusikan
melalui komputer.
· New
Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software
Bahasa New
Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua benda budaya yang
mengandalkan representasi digital dan komputer-berbasis pengiriman melakukan
berbagi sejumlah kualitas umum. Media baru dikurangi menjadi data digital yang
dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Sekarang operasi
media dapat membuat beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah
gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai
dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna,
abu-abu-skala, mengasah, rasterizing, dll
· New
Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan Konvensi Perangkat Lunak
"Media
Baru hari ini dapat dipahami sebagai campuran antara konvensi budaya yang lebih
tua untuk representasi data, akses, dan manipulasi dan konvensi terbaru dari
representasi data, akses, dan manipulasi itu. Data "tua" adalah
representasi dari realitas visual dan pengalaman manusia, dan data
"baru" adalah data numerik komputer ini terus keluar dari tombol
"kreatif" keputusan, dan didelegasikan kepada posisi teknisi.. "
· New
Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernis;. New Media sebagai Metamedia
Manovich
menyatakan bahwa tahun 1920 lebih relevan dengan New Media daripada jangka
waktu lainnya Meta-media yang bertepatan dengan postmodernisme dalam bahwa mereka berdua bekerja
mengolah tua daripada menciptakan yang baru bekerja. Media baru avant-garde
"adalah tentang cara-cara baru untuk mengakses dan memanipulasi
informasi" (hypermedia misalnya, database, mesin pencari, dll). Meta-media
adalah sebuah contoh bagaimana kuantitas dapat berubah menjadi kualitas seperti
dalam teknologi media baru dan teknik manipulasi dapat "recode estetika
modernis menjadi estetika postmodern sangat berbeda."
· New
Media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni
dan Komputasi Modern
Pasang Seni
Perang Dunia II atau "kombinatorik" melibatkan menciptakan gambar
dengan sistematis mengubah parameter tunggal. Hal ini mengarah pada penciptaan
atau gambar sangat mirip dan struktur spasial. "Ini menggambarkan bahwa
algoritma, ini bagian penting dari media baru, tidak tergantung pada teknologi,
tetapi dapat dijalankan oleh manusia."
b. Pandangan
Mengenai New Media
Pandangan saya tentang new media sebagai pengguna, new
mwdia telah berkembang dengan pesat . Berkembangnya new media yang paling
popular yaitu internet juga telah mendorong terciptanya inovasi – inovasi baru
dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi baik dari perangkat keras
maupun perangkat lunak. New Media juga telah berhasil mengubah pola komunikasi
yang sebelumnya bersifat sangat tradisional menjadi modern dan dapat dilakukan
di mana saja kapan saja. Sebagai pengguna new media saya selalu menantikan
inovasi – inovasi baru yang akan muncul dan akan menjadi terd baru di
masyarakat.
c. Manfaat New Media
Bidang
Sosial
New Media juga baru-baru menjadi menarik bagi
komunitas spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format
database dan karenanya dapat cepat diambil dan sebaliknya direkayasa oleh
pemerintah nasional. Terutama yang menarik bagi komunitas spionase adalah
Facebook dan Twitter, dua situs di mana orang bebas mengungkapkan informasi
pribadi yang kemudian dapat disaring melalui dan diarsipkan untuk penciptaan
otomatis berkas pada kedua orang bunga dan rata-rata warga negara
Bidang
Industri/Dagang
Hubungan terbuka dengan segmen pasar banyak di daerah
seperti perangkat lunak / desain video game, televisi, radio, dan terutama
film, iklan dan pemasaran, di mana industri berusaha untuk mendapatkan
keuntungan dari dua arah dialog dengan konsumen terutama melalui Internet.
Industri periklanan telah dikapitalisasi pada proliferasi New Media dengan
agen-agen besar menjalankan multi-juta dolar iklan interaktif anak. Website
interaktif dan kios telah menjadi populer. Dalam sejumlah kasus biro iklan juga
telah membentuk divisi baru untuk mempelajari New Media. PR perusahaan juga
mengambil keuntungan dari kesempatan di New Media melalui praktik PR
interaktif. Interaktif PR praktik termasuk penggunaan media sosial untuk
menjangkau khalayak massa pengguna online jaringan sosial.
Bidang
Pendidikan
Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun
pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine
kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas
email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar
informasi.
Tetapi dampak New Media tidak hanya pada manfaat
positivenya saja, Selalu ada dampak negative pada suatu perkembangan teknologi
termasuk media . Misalnya , pada dunia internet terjadi banyak kebobolan pada
situs Bank – Bank terkemuka akibat orang – orang yang tidak bertanggung jawab ,
Banyaknya situs – situs pornografi , pencurian akun , dan sebagainya . Oleh
karena itu kita sebagai pengguna harus bisa menseleksi perkembangan –
perkembangan new media sehingga tidak terjerumus ke dampak negative tersebut .
d. Komponen – komponen New Media
Komponen – komponen dari new media terdiri dari
pembuat, penyalur dan juga pemakai dari new media itu sendiri.
e. Aplikasi New
Media Pada (Facebook, Twitter, & Youtube)
1. Facebook
Facebook adalah Sebuah social networking
yang paling digemari saat ini.mulai dari anak-anak sekolah sampai orangtua,s
udah tidak awam lagi dengan facebook. Facebook ini merupakan jejaring sosial
yang pertama kali diluncurkan tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark
Zuckerberg,seorang mahasiswa Harvard University. tidak lama kemudian seluruh
dunia menggunakan kan facebook ini. sebenarnya apa keistimewaan dari facebook
ya? berikut saya jabarkan fitur-fitur dari facebook sekaligus manfaatnya.
Fitur-fitur pada facebook sangat banyak, mulai dari chatting, update status yang bisa di-like, pe-ngupload-an foto yang bisa kita share ke teman-teman (istilah nya nge-tag hehehe), dan masih banyak yang lainnya. Sehingga dengan fitur-fitur seperti ini memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan,misalnya untuk berjualan,dsb. tak lepas dari situ, facebook memiliki kekurangan, misalnya,aplikasinya tidak dibatas, sehingga banyaknya aplikasi yang dipasang membuat beberapa orang jengkel karena harus lama meload halaman. Selain itu menurut beberapa orang mengalami kesulitan ketika join aplikasi. Facebook juga kurang friendly untuk orang yang suka mengganti background dan layout. Sehingga terasa lebih monoton.
Fitur-fitur pada facebook sangat banyak, mulai dari chatting, update status yang bisa di-like, pe-ngupload-an foto yang bisa kita share ke teman-teman (istilah nya nge-tag hehehe), dan masih banyak yang lainnya. Sehingga dengan fitur-fitur seperti ini memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan,misalnya untuk berjualan,dsb. tak lepas dari situ, facebook memiliki kekurangan, misalnya,aplikasinya tidak dibatas, sehingga banyaknya aplikasi yang dipasang membuat beberapa orang jengkel karena harus lama meload halaman. Selain itu menurut beberapa orang mengalami kesulitan ketika join aplikasi. Facebook juga kurang friendly untuk orang yang suka mengganti background dan layout. Sehingga terasa lebih monoton.
2. YouTube
Youtube saat ini merupakan tempat download video
paling favorit, yang menembus 1 miliar view perhari. Youtube menjadi
sangat populer karena bersifat gratis dan navigasinya yang mudah. Kecenderungan
orang yang lebih suka menonton video durasi pendek juga salah satu faktornya,
ya rata-rata video youtube berdurasi pendek sekitar 5 menit memang ada juga
yang lebih. fitur-fitur yang ditawarkan juga menarik, selain bisa menonton
video, kita juga bisa mengupload video kita, tetapi kita harus memiliki account
disitus tersebut. penggunaan youtube tentu banyak manfaat misalna bisa lihat
dan upload video yang kita suka, sebagai ajang promosi diri, ssegala jenis
video bisa ditemukan di situs ini. dsb. youtube pun juga memiliki kekurangan
misalnya karena terlalu bebas upload jadi banyak file yang tidak berguna atau
file pornografi yang terupload selain itu situs ini enggak cocok untuk slow
conection, karenabakal makan waktu untuk bufferingnya. dsb.
3. Twitter
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang
diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam
pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa
menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil.
Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April
2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh
Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupamikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim
dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang
ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar,
namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka
saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan
pengikut.
f. Dampak Negatif dan Positif New
Media
Pengaruh New Media di masyarakat sangat besar,
terutama dalam penggunaan teknologi internet. Banyak macam dari new media yang
kadang membuat pengaruh negatif, namun tidak dapat disangkal kalau new media
pun memberikan banyak kontribusi yang positif bagi masyarakat.
Dampak positif yang timbul dari new media contohnya
semakin mudahnya mencari informasi,kita bisa mendapatkan informasi apapun
melalui internet tanpa harus susah payah pergi ke perpustakaan, atau media lain
yang memberikan informasi. Kita pun bisa sharing informasi dengan orang yang
tempatnya sangat jauh. Memang dampak hadirnya new media sangat membantu.
Namun Diantara dampak positif tersebut ada pula dampak
negatifnya, yang paling menyorot adalah dampak situs jejaring sosial, memang
tidak dapat dipungkiri lagi situs jejaring social sudah memberikan banyak
manfaat bagi kita semua, seperti bisa bertemu kembali dengan teman lama,
memperbanyak teman dan relasi dan bahkan bisa dijadikan ajang bisnis.
Kita sendiri sadar bahwa situs jejaring ini tidak
hanya kalangan dewasa saja yang sudah mahir menggunakannya namun anak-anak pun
sudah sangat mahir menggunakannya, lalu apa dampaknya bagi anak-anak dibawah
umur yang tidak mengerti untuk apa situs jejaring di buat? Sudah banyak kasus
anak menjadi malas belajar karena asik bermain di situs jejaring, akhirnya
sebagai orang tua yang kewalahan untuk memberi anaknya uang demi pergi ke
warnet.
Tidak hanya anak-anak yang menjadi korban dampak situs
jejaring, namun kaum remaja pun sudah banyak yang menjadi korban, seperti kasus
penculikan anak gadis oleh lelaki yang baru saja dikenal dari situs jejaring
tersebut. Harusnya hal-hal seperti ini bisa menjadi pelajaran bagi orang tua
bahwa situs jejaring itu digunakan hanya untuk kalangan dewasa yang sudah
mengerti akan kehidupan yang sesungguhnya.
DAFTAR PUSTAKA
http://febrinarhm.blogspot.co.id/2012/10/konsep-new-media.html
http://vano-livefreedom.blogspot.co.id/2010/10/dampak-negatif-dan-positif-new-media_21.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar